-->
Pengenalan Microsoft Excel

Pengenalan Microsoft Excel

Pengenalan Microsoft Excel
Cara Belajar Excel Untuk Administrasi Perkantoran
Dalam tutorial Microsoft Excel ini, kita akan mempelajari dasar-dasar Microsoft Excel. Microsoft Excel ini akan membantu kamu mempelajari setiap konsep MS Excel. Mari kita mulai dengan pengantar:

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk merekam dan menganalisis data numerik dan statistik. Microsoft Excel menyediakan banyak fitur untuk melakukan berbagai operasi seperti kalkulasi, tabel pivot, alat grafik, pemrograman makro, dll. Ini kompatibel dengan banyak OS seperti Windows, macOS, Android dan iOS.

Spreadsheet Excel dapat dipahami sebagai kumpulan kolom dan baris yang membentuk tabel. Huruf abjad biasanya ditetapkan ke kolom, dan angka biasanya ditetapkan ke baris. Titik pertemuan kolom dan baris disebut sel. Alamat sel diberikan oleh huruf yang mewakili kolom dan angka yang mewakili baris.

Mengapa Harus Belajar Microsoft Excel?

Kita semua berurusan dengan angka dengan satu atau lain cara. Kita semua memiliki pengeluaran harian yang kita bayarkan dari pendapatan bulanan yang kita peroleh. Agar seseorang dapat berbelanja dengan bijak, mereka perlu mengetahui pendapatan vs. pengeluaran mereka. Microsoft Excel sangat berguna ketika kita ingin merekam, menganalisis, dan menyimpan data numerik semacam itu. Mari kita ilustrasikan ini menggunakan gambar berikut.

Microsoft Excel

Biru: Kolom
Oranye: Baris


Di mana bisa mendapatkan Microsoft Excel?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Microsoft Excel. Kamu dapat membelinya dari toko perangkat keras komputer yang juga menjual perangkat lunak. Microsoft Excel adalah bagian dari rangkaian program Microsoft Office. Atau, kamu dapat mengunduhnya dari situs web Microsoft tetapi kamu harus membeli kunci lisensinya.

Atau kamu bisa men-downloadnya disini:

Dalam tutorial Microsoft Excel ini, kita akan membahas topik-topik berikut tentang MS Excel.


Bagaimana cara membuka Microsoft Excel?

Menjalankan Excel tidak berbeda dengan menjalankan program Windows lainnya. Jika Anda menjalankan Windows dengan GUI seperti (Windows XP, Vista, dan 7) ikuti langkah-langkah berikut.

  • Klik pada menu start
  • Arahkan ke semua program
  • Arahkan ke Microsoft Excel
  • Klik pada Microsoft Excel

Atau, Anda juga dapat membukanya dari menu mulai jika sudah ditambahkan di sana. Anda juga dapat membukanya dari pintasan desktop jika Anda sudah membuatnya.

Untuk tutorial ini, kami akan bekerja dengan Windows 8.1 dan Microsoft Excel 2016. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan Excel di Windows 8.1

  • Klik pada menu start
  • Cari Excel NB bahkan sebelum Anda mengetik, semua program yang dimulai dengan apa yang telah Anda ketikkan akan terdaftar.
  • Klik pada Microsoft Excel

Memahami Ribbon

Ribbon menyediakan pintasan ke perintah di Excel. Perintah adalah tindakan yang dilakukan pengguna. Contoh perintah membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dll. Gambar di bawah ini menunjukkan ribbon yang digunakan di Excel 2013.

Microsoft Excel

Penjelasan Komponen Ribbon

Ribbon start button - digunakan untuk mengakses perintah yaitu membuat dokumen baru, menyimpan pekerjaan yang ada, mencetak, mengakses opsi untuk menyesuaikan Excel, dll.

Ribbon tabs – tab digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa. Tab beranda digunakan untuk perintah dasar seperti memformat data agar lebih rapi, menyortir, dan menemukan data tertentu di dalam spreadsheet.

Ribbon bar – tab digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa. Sebagai contoh, Bilah pita Perataan digunakan untuk mengelompokkan semua perintah yang digunakan untuk meratakan data.

Memahami lembar kerja (Baris dan Kolom, Lembar, Workbook)

Worksheet adalah kumpulan baris dan kolom . Saat baris dan kolom bertemu, mereka membentuk sel. Sel digunakan untuk merekam data. Setiap sel diidentifikasi secara unik menggunakan alamat sel. Kolom biasanya diberi label dengan huruf sedangkan baris biasanya berupa angka.

Workbook adalah kumpulan Worksheet . Secara default, Workbook memiliki tiga sel di Excel. kamu dapat menghapus atau menambahkan lebih banyak lembar untuk disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Secara default, sheet diberi nama Sheet1, Sheet2 dan seterusnya dan seterusnya. kamu dapat mengganti nama sheet menjadi nama yang lebih bermakna seperti Pengeluaran Harian, Anggaran Bulanan, dll.

Shortcuts/Pintasan Umum Excel

Ctrl + P Digunakan untuk membuka jendela dialog cetak (Print)
Ctrl + N Membuat Workbook baru
Ctrl + S Menyimpan Workbook saat ini
Ctrl + C Aalin konten pilihan saat ini
Ctrl + V Paste data from the clipboard
SHIFT + F3 Menampilkan jendela dialog fungsi sisipkan
SHIFT + F11 Membuat lembar kerja baru
F2 Periksa formula dan rentang sel yang tercakup

Ringkasan

Pengenalan MS Excel: Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang kuat yang digunakan untuk merekam, memanipulasi, menyimpan data numerik dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi kamu

Ribbon digunakan untuk mengakses berbagai perintah di Excel

Jendela dialog opsi memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sejumlah item yaitu ribbon, rumus (formulas), pemeriksaan (proofing), penyimpanan (save), dll.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenalan Microsoft Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel